Alangkah senangnya kalau sekolah kita punya majalah dinding (mading) yang menarik dan tidak membosankan. Bagaimana kiat membuat mading oke seperti itu ? Berikut tips yang bisa dijadikan referensi untuk membuat mading jadi tambah oke.
1) Kalau di sekolah belum ada tim pengelola mading, segeralah berinisiatif dan mengkonsultasikan dengan guru pembina dan pihak sekolah. 2) Setelah diijinkan bersama guru pembina mengumpulkan teman-teman yang memiliki minat dan bakat khususnya seperti penulisan, reportase, komputer, dan desain. Ingat, jangan asal dan salah pilih ! pokoknya pilih temen yang komit dan totalitas kerjanya bisa diandalkan biar tim bisa bekerja dengan baik. 3) Buat rencana penerbitan. Boleh setengah bulan sekali, satu bulan sekali atau satu semester sekali. Sejalan dengan itu tentukan juga nama mading sekolah kamu, misalnya Smunke News, Waroeng Smuda, Cakrawala, dll.4) Tentukan struktur organisasi dan deskripsi masing-masing jabatan seperti pemimpin redaksi, reporter, fotografer, sampai tugas desainer grafis. 5) Bikin rubrikasi yang menarik, nggak uzur atau ketinggalan jaman. Misalnya : rubrik featur foto, laporan utama, liputan khusus, profil, jelajah, cerpen, dll. 6) Saat hunting mencari berita, pastikan sudah mendapat bekal teknik dasar reportase, baik teknik wawancara maupun teknik penulisan berita. 7) Sebelum melakukan wawancara, persiapkan peralatan seperti HP, kamera foto / video, tape recorder, dan jangan lupa daftar pertanyaan. Sehingga saat wawancara, pertanyaan yang dilontarkan terarah dan memiliki nilai berita tinggi. 8) Pake tanda pengenal / kartu identitas biar pede, jangan sampe maw wawancara malah diwawancarai. 9) Tingkatkan kemampuan komputer kamu, terutama tentang olah foto, sering browshing, baca koran, majalah, liat TV, dan sumber-sumber informasi lainnya, biar berita yang kita tampilkan menarik, segar, dan up to date. Dan yang lebih penting : 10) Ada keinginan, keberanian mencoba, dan keyakinan diri yang kuat, bahwa kamu BISA ! (AENA-09)
Pelajaran 2
11 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar